Serunya Kegiatan Pasar Mangrove dan Festival Kampung Terih Nongsa - Ayo Jelajahi Batam Rumah Kite

Serunya Kegiatan Pasar Mangrove dan Festival Kampung Terih Nongsa


Photo by : @jelajahbatam
BATAM - Dikutip dari Release Generasi Pesona Indonesia. 
Pariwisata Batam semakin keren dan bersinar saja. Hal ini pun tercermin dari gelaran Festival Kampung Terih 2017, Nongsa Batam, Minggu (17/12). Sebanyak 500 wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) dibuat terpesona oleh eksotisme alam dan budaya pada event yang di gagas oleh komunitas PARI (Penjelajah Alam Kepri) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Menjadi semakin unik dan kaya warna, festival ini pun lalu disandingkan dengan wisata kekinian ala Pasar Rajungan besutan generasi milenial GenPi Batam. Mendapatkan suntikan energi dan inovasi para darah muda, festival dipinggir pantai ini pun semakin kaya cerita.

Pada event dengan background birunya air laut, para wisatawan diajak untuk berinteraksi dengan alam serta budaya yang ada di Kampung Terih. Semuanya diajak happy. Wisatawan bergembira dalam rupa tarian. Bersendau gurau dalam nuansa nostalgia sambil bermain gasing. Lalu, menikmati udara segar sambil mengeksplor pemahaman tentang vegetasi hutan mangrove. Harapannya, wisatawan memiliki empati lebih terhadap kampanye go green dan ikut melestarikan lingkungan di sekitarnya.


Spot jembatan hutan mangrove yang keren pun jadi salah satu spot favorit wisatawan untuk bersantai dan berselfie ria. Hal serupa dilakukan di Dermaga Kampung Terih. Memiliki view ciamik dengan background Batam Center, Dermaga Kampung Terih pun menjadi spot ideal wisatawan melihat sunset di horison laut Batam yang sangat cerah. Tidak mau kehilangan momentum, para wisatawan segera mengambil kamera lalu mengabadikannya.

Merespon suasana alam, Batam View Resort pun ikutan beraksi. Pelaku industri pariwisata yang getol menjual Paket PWI Terpadu tersebut langasung setuju mengarahkan wisatawan ke Festival Kampung Terih. GM Batam View Resort Anddy Fong mengungkapkan, sebanyak 70 wisatawan paspor Singapura dan Malaysia diajak menikmati suasana Festival Kampung Terih usai menikmati wisata belanja.


Kampung Terih : @Bamsnektar 
"Ini jadi salah satu atraksi yang kita jual ke wisatawan yang menginap di Batam View Resort. Di negara asal mereka yaitu Singapura dan Malaysia, suasana Kampung Melayu yang asli seperti ini sudah tidak ada. Dan, yang terpenting momentumnya sangat pas karena ada festival ini,” kata Anddy.

Jurus jitu ala manajemen Batam View pun tampaknya membuahkan hasil. Sebab, wisatawan terlihat sangat enjoy menikmati semua menu budaya yang disajikan Festival Kampung Terih. Mereka begitu tampak hanyut terbawa suasana klasik yang diberikan festival ini. Bahkan, saking enjoynya wisatawan pun tidak segan untuk ikut menari di festival tersebut.

Kegembiraan para wisatawan pun berbanding lurus dengan senyum masyarakat lokal Kampung Terih. Sebab, barang jualan di  Pasar Rajungan pun ikut diserbu oleh wisatawan sehingga terjual laris manis. Yap, semua ikut terkena vibrasi berkah dari festival ini. Sri Asih misalnya, menjajakan es kelapa di Pasar Rajungan,  dia ikut gembira karena diserbu wisatawan hingga ludes.

"Alhamdulillah ramai. Banyak yang beli, maklum di pantai pada cari yang segar-segar," katanya.

Industri kuliner lainnya juga menangguk untung, seperti para penjual makanan misalnya. Siti Zubaidah yang menjajakan nasi lemak serta seefood pun terlihat sumringah dengan ramainya pengunjung yang menyerbu dagangannya tersebut. "Saya sangat senang karena banyak yang jajan. Lumayan untungnya buat tambah uang dapur," kata istri nelayan tersebut.

 “Di sinilah fungsi pariwisata. Pariwisata hadir untuk terus mensejahterakan masyarakat. Bayangkan jika seorang wisatawan mengeluarkan 200 ribu, sudah 100 juta uang beredar di Kampung Terih” kata Esthy.

Kepala Bidang Promosi Pameran, Diana Tikupasang pun ikut mengamini, menurutnya festival budaya seperti ini harus terus di kembangkan. Bukan hanya melestarikan budaya, tapi ada value finansial yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum. "Kuncinya konsistensi serta kreatif melihat peluang. Saya yakin ini akan semakin besar lagi. Potensinya luar biasa," kata Diana.

Acungan dua jempol langsung diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar pun yakin setiap potensi pergerakan orang dalam jumlah masif akan menggerakkan ekonomi. Baginya, pergerakan orang sama dengan pergerakan bisnis. Setiap pergerakan orang akan menciptakan pergerakan ekonomi, pergerakan barang dan jasa. Karena itu industri pariwisata pasti akan ikut bergerak.


“Direct impact dan indirect impact-nya besar. Batam semakin ramai semua ikut kebagian rezeki. Belum lagi coverage media. Batam akan semakin dikenal dunia. Sukses untuk pariwisata Kepulauan Riau. Salam Pesona Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya. (*)



Serunya Kegiatan Pasar Mangrove dan Festival Kampung Terih Nongsa Serunya Kegiatan Pasar Mangrove dan Festival Kampung Terih Nongsa Reviewed by Jelajah Batam on Desember 18, 2017 Rating: 5

1 komentar

  1. Semoga Pasar mangrove semakin ramai dan semakin kreatif membuat ide ide yang bisa menarik pengunjung untuk datang dan datang terus ke lokasi :) **eeeh kayakna kenal deh sama nyang foto diatas itu...hahah

    BalasHapus