Wisata dan Resto Kapal Muhammad Chengho di Golden City Bengkong Batam - Ayo Jelajahi Batam Rumah Kite

Wisata dan Resto Kapal Muhammad Chengho di Golden City Bengkong Batam

Kapal Chengho - Golden City Bengkong

Satu lagi kawasan wisata yang murah meriah yang bisa mengisi waktu libur kalian baik sekedar bersantai ria, berphoto-photo ataupun bercengkerama bersama keluarga, teman, sahabat atau orang-orang terdekat kalian. Adalah Replika Kapal Muhammad Chengho yang terletak di Golden City Area di Bengkong, Batam. Jadi sebenarnya ini adalah sebuah restoran apung ya, namun saat ini kalian tidak perlu makan dan minum alias memesan menu-menu disini jika ingin masuk kekapal ini ya karena sudah dibuka untuk umum dengan membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- saja per orang sudah gratis minuman seperti milo ataupun teh ya, wow. Namun jika kalian ingin memesan menu lainnya juga bisa dan tersedia disini loh dengan harga yang terjangkau juga. Nah pada tahu atau engga sih Chengho itu siapa. nih perjelasan sedikit.

Beliau Lahir dengan nama Ma He, Cheng Ho adalah laksamana asal Provinsi Yunnan, Tiongkok. Dia berasal dari suku Hui yang merupakan salah satu suku terbesar di Tiongkok. , suku Hui dikenal dengan masyarakat pemeluk agama Islam di tiongkok sana.

Saat masih muda, Cheng Ho dikenal sebagai kasim muslim yang dipercaya Kaisar Zhu Di (kaisar ketiga Dinasti Ming). Dia sangat pemberani dan hebat.

Di kekaisaran, Cheng Ho biasa disapa Kasim San Bao. Kalau diucapkan dalam dialek Fujian, nama ini terdengar seperti San Po, Sam Poo, atau Sam Po. That’s why, Laksamana Cheng Ho juga dikenal dengan nama Sam Po Kong.

Nah Pada Tahun 1368, kekaisaran Tiongkok mengalami kemunduran karena jatuhnya Dinasti Mongol. Dengan keberaniannya, Cheng Ho menawarkan diri buat melakukan perjalanan ke berbagai penjuru dunia buat mengembalikan kejayaan Tiongkok. Niat Cheng Ho ini disambut rasa bangga dan terharu dari sang kaisar saat itu

Ekspedisi itu dimulai sejak tahun 1405 dan membawa Cheng Ho ke negara-negara Asia, Timur Tengah, sampai Afrika. Alhasil, perjalanan ini dilabeli sebagai salah satu ekspedisi dengan armada paling besar dan hebat sepanjang masa. Bayangkan saja, ekspedisi ini melibatkan 300 kapal dengan 30 ribu kru yang terdiri dari tentara, kartografer, ahli astronomi, sampai sarjana alam. 

Nggak cuma itu, kapal kayu yang digunakan pun disebut-sebut sebagai kapal laut terbesar sepanjang masa dengan panjang138 meter dan lebar 56 meter. Kapal milik Vasco da Gama dan Christopher Columbus yang dikenal sebagai penakluk dunia nggak ada apa-apanya lho. Kalau dibandingkan, gabungan kapal keduanya cuma sebesar satu geladak kapal Cheng Ho. Padahal, pelayaran Cheng Ho dilakukan 100 tahun lebih dulu. (berbagai sumber)

Pastinya Chengho meninggalkan jejak dan jasanya di negeri kita ini. Mantap



Pintu Masuk Kapal Chengho


Diatas Replika Kapal Chengho

Kapal Chengho Golden City - Bengkong

Wisata Replika Kapal Muhammad Chengho
Location. Golden City Area, Bengkong - Batam

Lets Explore
www.jelajahbatam.com

Wisata dan Resto Kapal Muhammad Chengho di Golden City Bengkong Batam Wisata dan Resto Kapal Muhammad Chengho di Golden City Bengkong Batam Reviewed by Jelajah Batam on Januari 03, 2018 Rating: 5

1 komentar

  1. bisa minta nomor kontak resto cheng ho? ada tamu yang mau makan disana. plis help

    BalasHapus

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.